Agar Janin Lebih Bahagia, Ibu Hamil Disarankan Pergi ke Pantai Bersama Suami Tercinta

Loading...
Loading...
Agar Janin Lebih Bahagia, Ibu Hamil Disarankan Pergi ke Pantai Bersama Suami Tercinta

Bagi ibu hamil, berlibur sangat penting untuk dilakukan demi memberikan perasaan santai dan menenangkan selama proses kehamilan. Di lain sisi, berlibur pun bisa jadi kesempatan Bunda dan Ayah untuk kembali memiliki waktu berkualitas bersama supaya kian harmonis. Kalau perasaan orangtua bahagia, maka janin pun akan tumbuh dengan sehat.


Menurut Dr Sita Ayu Arumi SpOG, seorang dokter obstetrician gynecologist, jalan-jalan boleh saja dilakukan oleh ibu hamil karena akan memberi dampak positif bagi ibu dan keluarga. Nah, dari sekian banyak tempat yang disarankan untuk dikunjungi oleh ibu hamil, salah satu tempat yang patut dikunjungi ialah pantai.

Kenapa pantai? Selama kehamilan, ibu hamil perlu banyak istirahat dan pantai adalah tempat yang baik untuk mendapatkan relaksasi. Ibu hamil juga bisa bersantai di pantai seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan menikmati pemandangan laut.
Secara psikologis, jika ibu bahagia maka bayinya juga akan bahagia. Dengan berlibur ke pantai akan memberi energi positif ke ibu dan juga bayinya. Namun, ibu hamil perlu berhati-hati sebelum melakukan perjalanan seperti usia kehamilan dan kesehatan sebelum berangkat.

Dr Sita menyarankan, usia kehamilan yang tepat untuk bisa diajak babymoon yaitu di usia 14-28 minggu. Tentunya sebelum kehamilan, penting bagi ibu untuk melakukan kontrol dan cek terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Ini demi memastikan semuanya baik dan tidak masalah sebelum melakukan perjalanan lho Bun.

Di lain sisi, pastikan juga jenis kegiatan apa yang akan Bunda lakukan selama liburan nanti. Membuat jadwal aktivitas pun tak masalah. Sesuaikan jenis aktivitas dengan kondisi perut ibu hamil. Atau, Bunda bisa memilih lokasi pantai yang tidak membutuhkan waktu tempuh yang lama agar tidak memulai liburan dengan rasa lelah.

Di lain sisi, perhatikan juga pakaian dan sepatu yang Bunda bawa. Sebaiknya memilih pakaian dan sepatu yang nyaman dan pas ya Bun. Demi kenyamanan selama liburan di pantai. Di lain sisi, membawa peralatan yang nyaman akan meminimalisir cedera dan membuat ibu hamil tetap nyaman dan aman selama berlibur.

Karena Bunda jalan-jalan ke pantai, jangan lupa siapkan juga sunblock alias tabir surya jika ingin berjemur atau berjalan-jalan di pantai. Fungsi tabir surya akan melindungi kulit agar tidak menjadi kering dan melar akibat paparan sinar matahari.

Selama berlibur, pastikan ibu hamil terus memperhatikan tubuh agar terhidrasi dengan baik. Selain itu nutrisi pun harus dijaga agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan selama kehamilan. Selamat berlibur ya Bun!

Sumber: Sayangianak.com
Loading...